Senin, 01 April 2013

Metode Pijat Sendiri

Saat sakit kepala muncul, jangan langsung menelan pil penghilang sakit. Keluhan ini bisa diredakan dengan pijat. Berikut beberapa cara memijat untuk mengurangi rasa tegang di kepala. Lakukanlah dengan duduk rileks di depan komputer Anda saat istirahat bekerja.
Berikut tahapannya:
  1. Posisi kepala tegak, letakkan jari-jari tangan di pelipis kiri dan kanan. Berilah tekanan di daerah itu lewat jari-jari Anda (jangan terlampau keras), hitung selama 5 detik, lalu kendurkan. Ulangi 3 - 4 kali.
  2. Pejamkan mata, rapatkan dengan kedua telapak tangan, tempelkan di atas bola mata (jangan ditekan). Tahan untuk 5 detik. Lepaskan tangan, buka mata sambil menarik napas dalam-dalam. Ulangi 3-4 kali. Biasanya penglihatan berangsur-angsur menjadi lebih jelas dari sebelumnya.
  3. Tengadahkan kepala, letakkan kedua telapak tangan di atas kening kiri dan kanan. Selipkan ibu jari di belakang telinga kiri dan kanan, beri tekanan ke arah telinga, sementara empat jari tetap berporos di kening, tahan selama 5 detik. Lakukan 3-4 kali.
  4. Tundukkan kepala, letakkan kedua telapak tangan di sisi kiri dan kanan kepala dengan bagian telapak tangan menempel di pelipis. Beri tekanan pada ujung-ujung jari dan telapak, tahan selama 5 detik. Ulangi 3 -4 kali.
  5. Tekan bagian belakang pangkal leher dengan ibu jari dan telunjuk (membentuk huruf V terbalik). Tekanlah bagian belakang leher tersebut (agak seperti mencubit), tahan selama 5 detik. Ulangi 3-4 kali. Tekanan ini dapat mengendurkan otot-otot pangkal leher yang tegang.
Semoga Bermanfaat bagi Para Pengguna Komputer.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar